Berita Berita APM Economy & Industry

Segmen Premium, Mercedes-Benz Memimpin di Indonesia

JAKARTA— PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) mengklaim meraih penjualan sebanyak 3.184 unit mobil penumpang sepanjang 2022. Angka itu merupakan peningkatan sebesar 26 persen dibandingkan penjualan tahun sebelumnya. Dengan capaian tersebut, MBDI kembali mempertahankan posisi nomor satu di antara segmen premium di Indonesia. Dengan berbagai tantangan yang dihadapi industri otomotif Indonesia, Mercedes-Benz juga mengklaim tetap berhasil menjadi pilihan utama pelanggan Indonesia di segmen mobil mewah.

Kontribusi penjualan terbesar dihasilkan dari model GLC, C-Class dan E-Class. Selain itu, selama berlangsungnya Mercedes-EQ SPACE dari 9 Desember 2022 – 8 Januari 2023, lebih dari 100 unit EQS dan EQE telah dipesan oleh pelanggan di Indonesia. “Di awal 2022, kami menyampaikan komitmen untuk meluncurkan 10 model baru di Indonesia, sebuah komitmen yang dengan sukses kami wujudkan. Kami mengawali tahun 2022 dengan meluncurkan varian terbaru dari Mercedes-Benz GLC, model yang menghasilkan penjualan terbanyak, yaitu GLC 200 Night Edition,” kata Choi Duk Jun (President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia) seperti dikutip JAWA POS.

Di pertengahan tahun, pihaknya yang meluncurkan The All New C-Class juga langsung menjadi model andalan Mercedes-Benz secara global dan di Indonesia merupakan salah satu model terlaris. MBDI juga mengakhiri tahun 2022 dengan sangat kuat dengan melakukan peluncuran lini kendaraan listrik pertama dari Mercedes-Benz di Indonesia, Mercedes-EQ, yang terdiri dari The new EQS dan The new EQE. “Keberhasilan Mercedes-Benz di tahun 2022 semakin membawa kami selangkah lebih dekat untuk mewujudkan visi menjadi luxury brand yang paling dicintai di Indonesia,” kata Choi Duk Jun.

Selain meluncurkan 10 model baru, berikut beberapa pencapaian Mercedes-Benz di Indonesia sepanjang 2022:

– Merakit dua model Mercedes-AMG secara lokal di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang.

– Penjualan Mercedes-AMG tertinggi sepanjang masa di Indonesia dengan peningkatan 83 persen.

– Penjualan Mercedes-Maybach tertinggi sepanjang masa di Indonesia dengan peningkatan 250 persen dan beberapa capaian lainnya.

“Sepanjang 2022, kami telah mengawali era elektrifikasi Mercedes-Benz di Indonesia dan berhasil mewujudkan berbagai pencapaian yang kami banggakan. Di tahun 2023 ini, kami akan kembali menghadirkan model-model terbaru dari lini kendaraan listrik Mercedes-EQ,” kata Choi Duk Jun. (*)

Daftar 10 model yang diluncurkan Mercedes-Benz sepanjang 2022:

– GLC 200 AMG Line Night Edition

– E 200 Coupe AMG Line

– V 250 Avantgarde Line

– The All New C 200 AVANTGARDE Line

– The All New C 300 AMG Line

– The new CLS 350 AMG Line Coupé

– The new Mercedes-Maybach S-Class

– The new Mercedes Maybach GLS

– The new EQS

– The new EQE