Berita Berita APM

Layanan Toyota Home Service Auto2000 Meningkat di Saat Pandemi

JAKARTA— Dealer utama mobil Toyota Auto2000 mengklaim layanan Toyota Home Service (THS) naik sepanjang tahun 2020. THS merupakan layanan yang memungkinkan konsumen Toyota untuk melakukan servis berkala di rumah. Kenaikan layanan didorong oleh pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meredam penyebaran virus corona baru (Covid-19). Konsumen dapat melakukan pemesanan layanan ini secara online.

Auto2000 mencatatkan penjualan sebanyak 73.465 unit di tahun 2020. Angka ini berkontribusi sebesar 40,6 persen dari total penjualan ritel Toyota di Indonesia tahun lalu sebanyak 182.665 unit. Penjualan Auto2000 tahun lalu mengalami penurunan 46,9 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 136.550 unit. Menurunya penjualan didorong faktor pandemi Covid-19 di Indonesia sejak pertengahan Maret 2020. Auto2000 menargetkan penjualan 92.815 unit di tahun 2021 ini, atau naik 20 persen dari tahun lalu. 

Kepala Divisi After Sales Auto2000 Ivan Sadik menyampaikan jumlah entry unit atau jumlah kendaraan yang masuk ke bengkel Auto2000 secara keseluruhan sebanyak 1.630.740 unit di tahun 2020. Angka ini turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai sekitar dua juta unit. 

Jumlah unit yang memanfaatkan layanan THS tahun lalu mencapai 344.857 unit. Kontribusi THS meningkat dari 18 persen di tahun sebelumnya menjadi 21 persen di tahun 2020. Saat ini, Auto2000 memiliki 428 unit armada THS yang tersebar di 126 jaringan dealer di seluruh Indonesia. Auto2000 mengklaim jumlah armada layanan servis berjalan ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. 

Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan menyampaikan bahwa layanan THS merupakan salah satu layanan yang dikembangkan di situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak pertengahan Maret tahun 2020 yang lalu. “Pengembangan itu dari yang semula berbasis offline menjadi online,” kata Martogi seperti dikutip Tempo.

Ia menjelaskan Auto2000 akan mengkolaborasikan penjualan secara offline maupun online di tengah situasi pandemi. Kini Auto2000 memiliki layanan berbasis online bernama Auto2000 Digiroom. Melalui Auto2000 Digiroom, konsumen dapat memanfaatkan layanan Auto2000 secara online seperti membeli mobil baru, booking servis berkala dan body repair, trade-in, serta membeli aksesoris dan spare parts Toyota. Auto2000 Digiroom masih akan menjadi andalan Auto2000 untuk menghadapi tahun 2021. (*)