JAKARTA— Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menaikkan target penjualan mobil pada 2023. Target itu diambil setelah melihat angka penjualan di kuartal pertama 2023 yang menunjukkan hasil baik. GAIKINDO mencatat, penjualan mobil dari dealer ke konsumen (retail sales) periode Januari-Maret 2023 mencapai 271.168 unit. Angka itu naik 13,7 persen dibanding periode yang sama di tahun 2022 (238.504 unit).
“Melihat hasil bagus di kuartal pertama 2023, GAIKINDO merevisi target penjualan mobil tahun ini, dari 975 ribu unit menjadi 1.050.000 unit. Namun, kami juga mewaspadai kondisi ekonomi global, masih ada sentimen geopolitik yang berlarut-larut,” kata Sekretaris Umum GAIKINDO Kukuh Kumara seperti dikutip Investor Daily dan BeritaSatu, Rabu 12 April 2023.
Berdasarkan data GAIKINDO, Toyota berada di penjualan kendaraan selama tiga bulan pertama 2023 setelah berhasil menjual 80.813 unit unit, Disusul Daihatsu di posisi kedua dengan penjualan 57.567 unit. Kedua merek otomotif Jepang di bawah Grup Astra tersebut berhasil menguasai 50 persen pasar mobil nasional. Toyota mencatatkan market share29,8 persen dan Daihatsu 21,2 persen. Di posisi ketiga adalah Honda dengan penjualan 37.701 unit mobil, diikuti Mitsubishi Motors (23.647 unit), dan Suzuki (22.639 unit).
Kukuh mengungkapkan, GAIKINDO akan mengandalkan pameran-pameran otomotif untuk mendongkrak penjualan di tahun ini. Salah satunya adalah pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus mendatang. Pameran lainnya adalah GIIAS series di beberapa kota yang juga punya potensi untuk mendongkrak penjualan.
Kukuh juga meminta pemerintah untuk menjaga konsistensi kebijakan yang sudah ada. Selain itu, diperlukan adanya kepastian ketersediaan bahan bakar di seluruh wilayah Indonesia. (*)