JAKARTA— Menutup Semester pertama 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan raihan penjualan ritel sekitar 465 ribu unit. Angka itu naik sekitar 20 persen dibanding periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 387 ribu unit.
Daihatsu bertahan posisi kedua penjualan otomotif nasional dengan penjualan retail periode Januari-Juni 2022 sebanyak lebih dari 90 ribu unit. Angka itu naik sekitar 35 persen dibanding periode yang sama tahun 2021 lalu. Dengan demikian, kenaikan persentase penjualan Daihatsu lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.
Daihatsu juga menaikkan market share menjadi 19,3 persen, tumbuh sebesar 2,2 persen dibanding periode semester pertama 2021 sebesar 17,3 persen. Penjualan retail Daihatsu terus didominasi oleh tiga model teratas, seperti Sigra sebanyak 22.282 unit atau berkontribusi 24,5 persen, lalu disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 21.162 unit (23,3 persen), dan Xenia dengan raihan 11.779 unit (13,0 persen).
Hendrayadi Lastiyoso (Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, AI-DSO) mengungkapkan rasa terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan pelanggan yang telah berkontribusi besar terhadap capaian Daihatsu sampai saat ini. “Semoga raihan positif Daihatsu yang selaras dengan pertumbuhan pasar otomotif nasional dapat terus mendekat ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19,” tandas dia dalam siaran pers yang dikutip KONTAN, Selasa 12 Juli 2022. (*)