Berita Berita APM

Presiden Direktur Baru di Indonesia, Mitsubishi Optimistis Sepanjang 2023

JAKARTA— Pada 2022 pasar otomotif hampir kembali ke level sebelum pandemi tahun 2019 dengan tembus 1 juta unit, tumbuh 17 persen dibandingkan 2021. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil memanfaatkan momentum ini dan membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia. 

MMKSI berhasil menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 10,6 persen di tahun 2022. Ini menjadi salah satu komitmen untuk memberikan ragam produk, layanan dan pengalaman terbaik dari Mitsubishi Motors untuk para pelanggan dan masyarakat di Indonesia. Untuk tahun 2023, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memproyeksikan penjualan mobil baru sebanyak 975.000 unit. 

Proyeksi ini menjadi dorongan tersendiri bagi MMKSI untuk terus mempertahankan eksistensi dan meningkatkan kualitas pada sisi produk, layanan penjualan, dan purna jual terbaik kepada konsumen melalui kompetisi di pasar otomotif di Indonesia.  Naoya Nakamura (Presiden Direktur MMKSI periode September 2018–Maret 2023) berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI dan melewati berbagai tantangan yang ada pada tahun 2022. 

Upaya MMKSI pada tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi untuk meraih lebih baik lagi. “Pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen,” kata dia dalam siaran pers di situs Mitsubishi Indonesia, Rabu 5 April 2023 seperti dikutip KONTAN.

Nakamura menambahkan, apresiasi yang baik dari konsumen serta capaian MMKSI pada tahun 2022 menjadi semangat dan memotivasi MMKSI untuk terus mengimplementasikan komitmen kuat dari Mitsubishi Motors untuk Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di kawasan ASEAN. Masa jabatan Naoya Nakamura sebagai presiden direktur MMKSI berakhir Maret 2023.

Ia berterimakasih dan mengapresiasi dukungan pemberitaan terbaik kepada MMKSI, brand dan model Mitsubishi Motors di Indonesia, serta keramahan kepada dirinya secara personal selama memimpin MMKSI. “Saya mendapatkan banyak pengalaman terbaik selama bertugas di Indonesia. Selanjutnya saya ingin memohon dukungan terbaik dari Anda untuk Mr. Kurita sebagai Presiden Direktur MMKSI periode berikutnya,” kata dia. 

Naoya Nakamura berperan penting di MMKSI selama hampir lima tahun sejak 2018 dalam memberikan kontribusi yang sangat baik bagi bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia. Dia telah membangun fondasi dan kepemimpinan yang kuat untuk membawa kesuksesan MMKSI dan berhasil mempertahankan bisnis MMKSI melewati berbagai rintangan terutama pada masa pandemic Covid-19 yang sangat mempengaruhi proses bisnis secara global. 

Naoya Nakamura bahkan mampu menorehkan rekor angka penjualan terbesar untuk Mitsubishi Motors (MMC) sepanjang sejarahnya di Indonesia, yaitu pada tahun 2021 lalu dengan pencapaian  104.407 unit atau berkontribusi lebih dari 12% terhadap penjualan MMC secara global yang sekaligus menjadikan MMKSI sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global.

Sebagai penerus Naoya Nakamura, Atsushi Kurita akan melanjutkan kepemimpinan dan posisi Presiden Direktur MMKSI efektif mulai 1 April 2023 dan langsung memulai strateginya untuk mengembangkan bisnis MMKSI dan brand Mitsubishi Motors di Indonesia ke depannya.  Atsushi Kurita menyampaikan, upaya  MMKSI dalam meningkatkan brand, kualitas produk, dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia telah dirasakan dan direspons dengan capaian penjualan positif. Dia sangat antusias dan bersemangat melaksanakan tugas di MMKSI dan menyambut tahun fiskal 2023. 

Pengalaman MMKSI pada tahun lalu menjadi motivasi dan referensi yang sangat berharga untuk agen pemegang merek (APM) tersebut untuk meraih capaian yang lebih baik lagi dan terus memberikan yang terbaik guna menjaga kepuasan konsumen pada level maksimal. “Saya mohon dukungan lebih lanjut, dan saya sangat terbuka untuk berdiskusi dan mendengar pendapat Anda untuk kemajuan MMKSI di masa selanjutnya,” kata dia. 

Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun kalender 2022, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 97.936 unit. Jumlah ini terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 69.629 unit dan kendaraan niaga ringan sebanyak 28.307 unit.

Sementara dari sisi purnajual, MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif di mana pada tahun 2022, total kendaraan datang untuk melakukan servis dan perawatan naik sebesar 7%. Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris, dan genuine part MMKSI naik sebesar 7 persen dibanding tahun 2021. Ini menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan. (*)