TOKYO— Asosiasi industri mobil Jepang (Japan Automobile Manufacturers Association, JAMA) bersiap menggelar pameran Tokyo Motor Show (TMS) ke-45. Pameran mobil ini mengusung tema “Beyond the Motor” mulai 27 Oktober sampai 5 November 2017, di Tokyo Big Sight, Jepang.
Pameran otomotif dua tahunan ini menyertakan 15 merek dari 14 pabrikan Jepang dan 19 merek dari 13 pabrikan global. Sebanyak 153 perusahaan dan organisasi dari 10 negara juga akan menyajikan pertunjukan dengan lengkap, meliputi pameran mobil, kendaraan komersial, sepeda motor, karoseri, suku cadang dan body kendaraan, mesin otomotif, peralatan otomotif, dan layanan jasa yang terkait otomotif.
“Kami berharap untuk bisa memberikan pertunjukan teknologi terbaik di dunia,” ujar Hiroto Saikawa, Ketua JAMA dan Presiden Nissan Motor Co Ltd melalui keterangan tertulisnya seperti dikutip Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara pada Kamis 19 Oktober 2017.
“Kami ingin pengunjung melihat kecanggihan teknologi dari perusahaan-perusahaan Jepang,” kata Hiroto Saikawa.
Tokyo Connected Lab 2017
Sebagai bagian dari rangkaian Tokyo Motor Show 2017, JAMA mempersembahkan acara khusus yaitu “Tokyo Connected Lab 2017”. Acara memberikan kesempatan pengunjung merasakan relevansi dan nilai baru yang diberikan oleh masyarakat yang mobile di masa depan.
Tokyo Connected Lab terdiri dari tiga bagian, yaitu The Future, The Maze dan The Meet Up, yang akan memberikan penjelasan akan nilai-nilai tersebut dengan cara yang mudah dimengerti.
The Future
Pada Saat memasuki The Future, pengunjung akan menghadapi visual interaktif di tengah kota masa depan. Pengunjung akan memberikan gagasan mengenai mobile society dengan enam konsep utama (kebaikan sosial, universal, bergerak, berkendara, pribadi dan berbagi).
Setelah memberikan gagasan, area berbentuk dome ini akan mulai mewujudkan ide pengunjung dengan proyeksi visual 360 derajat. Area ini dapat menampung hingga 300 pengunjung.
The Maze
Memasuki area The Maze, pengunjung akan dimanjakan dengan konektivias antara mobil, pengendara dan infrastruktur kota. Pengunjung akan merasakan sensasi mengendarai kendaraan di dalam labirin masa depan menggunakan virtual reality dengan mengambil set Tokyo yang futuristik dan saling terhubung.
The Meet Up
Kolaborasi dengan portal berita NewsPicks, The Meet Up adalah rangkaian diskusi yang dibuat khusus untuk menyelaraskan konsep dari tema “Beyond the Motor“.
Berbagai topik diskusi akan dibahas, mulai dari inovasi industri otomotif, konektivitas mobil, Internet of Things (IoT), hingga teknologi swakemudi.
Virtual Press Room – Indonesia
Tokyo Motor Show 2017 juga membuat virtual press room (VPR) untuk keperluan jurnalis di Indonesia. VPR tersebut berisi informasi-informasi penting mengenai Tokyo Motor Show yang sudah dikurasi dari berbagai pabrikan yang berpartisipasi di Tokyo Motor Show. (*)