JAKARTA— Toyota masih menguasai pasar otomotif nasional dengan kontribusi 31,4 persen. Pada saat yang sama, penjualan whole sales perusahaan tumbuh dua digit pada semester pertama 2022. Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa penjualan perusahaan sebanyak 149.461 unit pada paruh pertama 2022. Realisasi tersebut tumbuh 22,3 persen dibandingkan kurun waktu yang sama tahun lalu sebesar 122.174 unit.
Toyota Anton menjelaskan bahwa pada saat yang sama, permintaan salah satu mobil tulang punggung mereka, yaitu Avanza dan Veloz tumbuh merata. Kini, tidak lagi gemuk di satu tipe. “Sebagai catatan Avanza dan Veloz secara total menguasa 45,3 persen market share di Low MPV. Jadi, terima kasih atas antusias yang besar untuk Avanza dan Veloz ya dari masyarakat Indonesia,” kata Anton seperrti dikutip BISNIS.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), total penjualan whole sales pada semester pertama 2022 yaitu 475.321 unit. Toyota berkontribusi 31,4 persen dengan penjualan sebanyak 149.461 unit.
Di bawah Toyota, membuntuti Daihatsu dengan penjualan sebesar 90.343 unit (19 persen), Honda 62.585 unit (13,2 persen), Mitsubishi Motors 51.296 unit (10,8 persen), dan Suzuki 41.413 unit (8,7 persen). Dibanding tahun lalu, penjualan mobil pada semester I/2022 tumbuh 20,80 persen. Pada periode yang sama 2021, realisasinya 393.466 unit. (*)