Berita Berita APM

Toyota Optimistis kembali Pimpin Pasar Mobil RI

JAKARTA— PT Toyota Astra Motor (TAM) menyambut tahun 2022 dengan keyakinan tingkat tinggi. Mereka optimistis dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar otomotif Indonesia pada tahun 2022. Sepanjang 2021, penjualan mobil Toyota dari pabrik ke dealer (whole sales) mencapai 295.768 unit. Angka tersebut menciptakan pangsa pasar (market share) domestik sebesar 33,3 persen. 

Hasil ini jauh melebihi periode yang sama di tahun sebelumnya pada 2020. Pada saat itu penjualan mobil Toyota berada di level 161.256 unit dengan market share 30,3 persen. Model terlaris Toyota di tahun 2021 adalah Avanza dan Veloz. Penjualan kedua model tersebut mencapai 67.109 unit. Avanza menyumbang penjualan sebesar 40.777 unit sedangkan Veloz sebesar 25.322 unit. 

Untuk single brand, Rush mencetak penjualan sebanyak 52.533 unit di tahun 2021, kemudian diikuti oleh Innova sebanyak 49.745 unit. Selain itu, penjualan Calya mencapai 35.375 unit. Sementara Fortuner terjual sebanyak 23.385 unit di tahun 2021 yang lalu.

“Di tahun 2022 kami berharap pasar tumbuh lebih positif dan kami bisa mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar,” kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, Senin 10 Januari 2022 seperti dikutip KONTAN.

TAM belum bisa membeberkan dampak belum dipastikannya kelanjutan insentif PPnBM sektor otomotif di tahun ini. Sebab, dampak kebijakan tersebut berbeda-beda di tiap model maupun segmen kendaraan bermotor. Toyota menyatakan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mendorong pasar otomotif agar tumbuh lebih baik dengan produk-produk baru, baik konvensional maupun berbasis elektrifikasi. 

Toyota juga akan mengoptimalkan program-program penjualan yang lebih sesuai dengan tren masa kini, termasuk memaksimalkan digitalisasi. (*)