JAKARTA— Pergerakan industri mobil nasional mengalami pergerakan positif. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyatakan bahwa pada saat ini penjualan dan produksi menuju angka normal. Bebeberapa merek juga antusias menjalani kuartal kedua 2022, salah satunya Daihatsu yang kembali bukukan penjualan Januari – April 2022 dengan capaian positif.
Capaian tersebut tampak pada angka kenaikan penjualan ritel Daihatsu menjadi 62.347 unit, naik sebesar 41,8 persen dibanding periode yang sama tahun 2021 lalu sebanyak 43.983 unit.
Hendrayadi Lastiyoso (Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, AI-DSO) mengungkapkan kondisi ini akan membuat gairah industri otomotif semakin optimistis. “Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan Kuartal II 2022 dengan raihan positif yang semakin mendekati level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19. Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung, dan terus meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya di Jakarta, Rabu 18 Mei 2022, seperti dikutip JAWA POS.
Secara berturut-turut, penjualan Daihatsu selama 4 bulanan didominasi oleh top 3 model, mulai dari Sigra sebanyak 15.748 unit, atau berkontribusi 25,3 persen; disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 13.812 unit (22,2 persen); dan Xenia dengan raihan 8.422 unit (13,5 persen).
Penjualan per-model pada periode empat bulanan (Januari hingga April) antara tahun 2022 versus2021, top tertinggi kenaikan penjualan tertinggi pada model Daihatsu secara berturut-turut ada pada Xenia. Model ini mengalami kenaikan signifikan sebesar 173,2 persen menjadi 8.422 unit dari sebelumnya 3.083 unit. susul Sigra naik 49,6 persen menjadi 15.748 unit; dan Gran Max MB (Mini Bus) 26,7 persen menjadi 5.160 unit. (*)