Berita Economy & Industry

Aisin, Produsen Internasional Terkemuka Komponen Otomotif Canggih

JAKARTA— Aisin Corporation Ltd tampil sebagai produsen dan pemasok internasional terkemuka komponen otomotif canggih untuk mesin, sistem penggerak, suspensi, dan kopling bagi produk otomotif. Ia masuk dalam daftar perusahaan raksasa dunia menurut Fortune Global 500.  Pada tahun 2020, Fortune mencatat pendapatan total Aisin mencapai 34,81 miliar dolar AS. Total keuntungannya mencapai 221 juta dolar AS pada tahun itu. Sementara itu, asetnya mencapai 36,94 miliar dolar AS tahun itu juga. 

Aisin terlibat secara aktif di bidang suku cadang die-cast dan peralatan rumah tangga, manufaktur mesin rajut dan jahit dan mesin pakaian lainnya, tempat tidur, perlengkapan toilet, dan AC pompa panas gas. Meskipun Aisin sedang berupaya untuk meningkatkan penjualan non-otomotif, hanya sekitar enam persen dari penjualan tahun 1989 adalah non-otomotif.

Aisin Seiki adalah salah satu dari 15 anggota Grup Toyota, dan sekitar 22 persen dimiliki oleh Toyota Motor Corporation, dan 70 persen produk Aisin dijual. Manufaktur peralatan asli otomotif Aisin Seiki mendominasi penjualannya. Aisin didirikan pada tahun 1943 sebagai Tokai Aircraft Company oleh Kiichiro Toyoda, pendiri Toyota Group. Tokai Aircraft didirikan untuk memproduksi suku cadang mesin untuk pesawat Perang Dunia II.

Pada tahun 1945, di penghujung perang, Tokai Aircraft mengalihkan produksinya ke mesin jahit dan suku cadang otomotif, keduanya produk yang pasokannya sedikit selama perang. Pada tahun 1949 Tokai Aircraft Company berganti nama menjadi Aichi Kogyo Company. Perubahan ini menandai awal berdirinya Perusahaan Aisin Seiki seperti sekarang ini.

Selama tahun 1950-an dan 1960-an, operasi Aisin terbatas di Jepang. Sebagai bagian dari Grup Toyota, Aisin tumbuh dengan mantap, memasok suku cadang ke perusahaan otomotif induknya dan terus memproduksi mesin jahit. Pada tahun 1969 dan 1970-an, bagaimanapun, melihat pertumbuhan internasional yang agresif untuk perusahaan. 

Pada tahun 1969 Aisin mencapai kesepakatan teknis untuk roda gigi power-steering dengan Zahnradfabrik Friedrichshafen dari Jerman Barat. Aisin-Warner Limited juga didirikan sebagai perusahaan patungan pada tahun 1969. Aisin USA dibentuk pada tahun 1970, dan pada tahun 1971 Aisin Europe didirikan di Belgia. Perjanjian teknis untuk peredam kejut bumper dibuat dengan Menasco Manufacturing Company di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1972.

Pembentukan Aisin UK dan Aisin Australia juga berlangsung pada tahun 1972. Anak perusahaan Liberty Mexicana dibentuk di Meksiko pada tahun 1973, dan Aisin do Brasil didirikan pada tahun 1974. Pada tahun 1977 terjadi pembentukan Aisin Asia di Singapura, dan pada tahun 1978 Aisin Deutschland didirikan di Jerman (Barat). Pada tahun 1979, Perusahaan Manufaktur Mesin Jahit Elite didirikan di Taiwan sebagai perusahaan patungan.

Aisin USA didirikan untuk mengimpor suku cadang mobil aftermarket untuk mobil impor –kebanyakan Toyota— di AS dan juga untuk mengimpor suku cadang aftermarket yang disiapkan khusus untuk mobil buatan AS. Pada tahun 1990 Aisin USA mengimpor dua kali lebih banyak suku cadang untuk mobil Amerika dibandingk mobil impor. Pada saat yang sama, Perusahaan Aisin Seiki memasok berbagai produk di seluruh dunia melalui jaringan 14 anak perusahaan di luar negeri dan cabangnya di Amerika Utara, Eropa, Asia Tenggara, dan di seluruh Pasifik. Pada tahun 1989, hanya lima persen dari penjualan Aisin telah ke pasar ekspor.

Sejak usia Perang Dunia II ekonomi Jepang tumbuh dengan mantap. Peningkatan konsumsi individu membawa peningkatan tajam dalam permintaan domestik, dan bisnis berkembang. Aisin menjawab peningkatan permintaan untuk produksi konsumen dan telah bekerja secara konsisten untuk meningkatkan efisiensi di pabriknya, meningkatkan penjualan, dan memotong biaya melalui rasionalisasi.

Manajer sektor otomotif bekerja selama akhir 1980-an untuk meningkatkan penjualan produk bodi otomotif seperti komponen jok, sun-roof, dan peralatan kontrol elektronik untuk transmisi otomatis. Peningkatan ini berkontribusi pada pertumbuhan penjualan hampir 10 persen pada tahun 1989. Produk bodi otomotif adalah kelompok produk tunggal terbesar yang ditawarkan Aisin Seiki, yang mencakup sekitar 25 persen dari penjualan.

Pada tahun 1990 rumah dan industri Aisin dan sektor bisnis baru masih dalam skala sangat kecil tetapi berkembang pesat. Melalui perluasan penjualan pendingin udara dan tempat tidur pompa panas gas, penjualan meningkat 14,2 persen pada tahun 1989. Hingga tahun 1990-an, penelitian dan pengembangan intensif terus berlanjut pada produk-produk baru seperti cryocooler, mesin Stirling, dan unit penggerak tambahan untuk jantung buatan manusia.

Selama akhir 1980-an Aisin melakukan upaya untuk memperkuat pengembangan proyek di Amerika Serikat dengan memisahkan divisi manufaktur dari Aisin USA dan menciptakan anak perusahaan baru, Aisin USA Manufacturing Company. Aisin America Inc juga didirikan untuk mengendalikan bersama baik divisi manufaktur maupun penjualan. Aisin mengembangkan produk yang sangat kompetitif dan berkinerja tinggi. Perusahaan ini berharap kegiatan penjaminan mutu, peningkatan efisiensi produksi, dan kegiatan penjualan yang positif akan membantu memperkuat sistem produksinya. Aisin berharap untuk melanjutkan pertumbuhan ekonominya. Faktor-faktor seperti pengenalan pajak konsumsi Jepang, kenaikan harga minyak, ketidakstabilan nilai tukar mata uang asing, dan perlambatan dalam bisnis internasional, bagaimanapun, dapat merugikan bisnis.

Tepat setelah kebakaran, ekonomi di Jepang mulai goyah, penurunan permintaan di negara asal Aisin. Penjualan domestik pada tahun 1999 turun menjadi 747 miliar, turun dari 766 miliar pada tahun 1998. Aisin menanggapinya dengan memotong biaya, merestrukturisasi berbagai operasi, dan memperluas ke pasar yang berkembang. Penjualan domestik meningkat kembali pada tahun 2000, tumbuh menjadi 847 miliar, dan sekali lagi pada tahun 2001 menjadi 904 miliar. Tahun itu, total penjualan bersih naik menjadi 1,128 miliar.

Aisin membuktikan betapa kokoh hubungannya dengan Toyota ketika pada tahun 2001 menjalin kerjasama dengan Toyota Motor Corp bersama dengan Sumitomo Electric Industries Ltd dan Denso Corp untuk membentuk Advics Co Ltd. Ini adalah perusahaan baru diposisikan untuk menjadi pemasok terbesar kedua sistem rem di industri di belakang Robert Bosch GmbH, dengan proyeksi penjualan global mencapai 2 miliar dolar AS pada tahun 2005. Toyota, tentu saja, adalah pelanggan terbesar perusahaan baru itu.

Strategi jangka panjang manajemen Aisin termasuk memperkuat bisnis suku cadang mobil serta menemukan peluang baru untuk segmen gaya hidup kreatif. Perusahaan juga fokus meningkatkan upaya produksinya di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Melihat globalisasi dan perkembangan teknologi sebagai kunci keberhasilan masa depan, Aisin tampaknya berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan posisinya yang kuat di sektor otomotif. (Sumber: WARTA EKONOMI)