Berita Berita APM Economy & Industry

Siapkan Mobil Hybrid, Suzuki Targetkan Pangsa 12 Persen di 2022 

JAKARTA— Suzuki menargetkan menguasai pangsa pasar (market share) 12 persen dalam penjualan mobil nasional pada 2022. Langkah ini dilakukan dengan akan meluncurkan mobil hybrid di Indonesia. Suzuki juga menargetkan kenaikan ekspor sebesar 10 persen baik komponen mobil dalam bentuk terurai (completely knocked down, CKD) maupun mobil utuh (completely built up, CBU) pada tahun ini. 

Sementara untuk sepeda motor, pada 2022 Suzuki akan meningkatkan penjualan sebesar 63 persen dibanding 2021. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi baru. Dalam penentuan produk sepeda motor yang akan diperkenalkan benar-benar baru tak menjadi follower di segmen yang telah ada. Sepanjang 2021, penjualan whole salesSuzuki mencapai 91.793 unit, naik 39 persen dibanding 2020. Sementara retail sales, menembus 89.596 unit sehingga mampu meningkatkan penjualan sebesar 24 persen dibanding 2020.

Kontribusi terbesar penjualan Suzuki pada 2021 disumbang tiga model terdiri atas New Carry, XL7, dan All New Ertiga. Carry berkontribusi 58 persen terhadap penjualan nasional dengan capaian 52.854 unit whole sales dan 52.286 unit retail sales. Kontributor terbanyak kedua adalah XL7 menyumbang 18 persen terhadap penjualan Suzuki atau sebesar 16.090 unit secara whole sales. Sementara secara retail sales, XL7 menyumbang 16 persen dengan penjualan 14.640 unit. Disusul Ertiga berkontribusi sebesar 12 persen atau mencapai 11.410 unit (whole sales dan capaian 11.402 unit retail sales atau sebesar 13 persen.

“Suzuki dapat mempertahankan kinerja perusahaan di tengah situasi yang sulit, serta terus meningkatkan pelayanan dan inovasi. Peningkatan penjualan Suzuki tahun 2021 juga memotivasi kami untuk menghadirkan produk-produk baru yang unggul dan ramah lingkungan (hybrid),” kata Dony Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta, Jumat 8 April 2022. 

Dia menuturkan peningkatan pangsa pasar Suzuki didukung jaringan outlet yang saat ini sebanyak 286 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Dony mengungkapkan pada 2022 perusahaan akan fokus pada pengembangan teknologi Suzuki Smart Hybrid. Suzuki tengah mengembangkan mobil ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dan harga terjangkau. 

Suzuki Smart Hybrid akan menjadi produk unggulan yang bakal segera diluncurkan ke publik. Terkait ekspor, Production Planning Control Asst to Dept Head PT Suzuki Indomobil Motor, Apriyanto mengatakan, Suzuki merupakan merek yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. “Kinerja ekspor otomotif nasional pada 2021 mengalami perlambatan karena terdampak pandemi Covid-19, termasuk ekspor mobil. Namun, meski semua merek mengalami penurunan ekspor, Suzuki jadi merek dengan penurunan ekspor mobil paling minim di antara kompetitor industri otomotif nasional,” katanya. (*)